Rabu, 01 Juli 2015

Tari Pitik Lancur

Tari Pitik Lancur Sanggar Edi Peni Pacitan

Tari merupakan wujud ekspresi, muara dari kreasi seni. Dalam menciptakan sebuah tari, ide dapat lahir dari hal-hal yang begitu dahsyat, namun terkadang ide dapat lahir dari hal-hal sederhana di sekitar kita. Jika tari Reog lahir dari kisah cinta, maka tari Pitik Lancur lahir dari tingkah polah pitik (ayam) yang sering kita jumpai. Ayam adalah hewan yang begitu dekat dengan kita, banyak dari jenisnya yang selalu bersentuhan dengan kehidupan manusia, baik untuk konsumsi, maupun untuk kepentingan lain, misalnya berjudi. 

Judul Pitik Lancur merupakan frasa dari Bahasa Jawa. Pitik berarti ayam, sedangkan lancur merupakan tahapan ayam remaja, tahap sebelum ayam jantan disebut jago (dewasa). Sebagaimana manusia, masa remaja digambarkan dengan masa yang penuh gairah, penuh keinginan mencoba. Masa-masa inilah yang digambarkan dalam kreasi tari Pitik Lancur.


Tari Pitik Lancur Sanggar Edi Peni Pacitan

Tingkah polah ayam jantan remaja digambarkan dari aktivitas rutin mereka, mulai dari berkokok, berlarian, terbang, hingga pertarungan antar beberapa ayam. Keceriaan dan kemeriahan tarian ditentukan dengan kekompakan para penari dalam membawakannya.

Tari Pitik Lancur Sanggar Edi Peni Pacitan

Tari Pitik Lancur dibawakan dalam acara Pelepasan Siswa Kelas VI SD Negeri Wiyoro I dengan begitu meriah. Sorak-sorai para penonton dan orang tua menjadi pemandangan sesaat setelah para penari memasuki panggung dan meninggalkannya. Ciri khas tarian anak-anak tidak lupa ditinggalkan, yaitu kostum yang berwarna cerah yang mendukung keceriaan tarian dan penarinya. [PK]

1 komentar:

  1. Bingung mencari Situs Taruhan Ayam?
    Tenang saja BOLAVITA bekerja sama dengan S128, SV388 dan Kungfu Chicken yang bisa Anda daftarkan dan mainkan.

    Dengan minimal Deposit Rp 50.000 saja, untuk Anda yang baru pemula , pastinya bermain sabung ayam secara online pasti gampang gampang susah.

    Tidak perlu khawatir juga, anda bisa membaca paduan bermain adu ayam juga..
    Paduan Adu Ayam Online S128 untuk Pemula

    Daftar dan main sekarang juga di www.bolavita.vip

    Untuk info selanjutnya, bisa hubungi kami VIA:
    BBM : BOLAVITA / D8C363CA
    Whatsapp : +62812-2222-995
    Livechat 24 Jam

    BalasHapus