Kamis, 03 September 2015

Wisata Budaya di Kabupaten Pacitan

Peta Budaya Kabupaten Pacitan

Pacitan adalah sebuah kabupaten di bagian barat daya provinsi Jawa Timur. Pacitan sempat dikenal dengan tagline 'Kota 1001' Goa, namun tahun 2013 lalu, Pemerintah Kabupaten Pacitan kembali menciptakan tagline yang dirasa lebih nyentrik yaitu 'Pacita Paradise of Java'. Dengan tagline ini diharapkan menggenjot pendapatan daerah khususnya di bidang pariwisata.


Usaha ini bukan tanpa dasar, Pacitan adalah salah satu wilayah yang dianugrahi Tuhan dengan begitu banyak keindahan, mulai pantai, goa dan perbukitan yang menjulang. Pantai Klayar adalah pantai yang paling hits belakangan ini, hingga mengundang maestro campursari, Didi Kempot, untuk menciptakan lagu berlatar pantai di kecamatan paling barat ini. Obyek wisata goa yang sempat menjadi andalan masih mengedepankan gua gong dan gua tabuhan sebagai primadona. Obyek wisata lain seperti pendakian Gunung Limo, penelusuran Sungai Maron, pemandian air hangat atau wisata edukasi penangkaran penyu bisa menjadi pilihan.


Obyek wisata bukan hanya karena keindahan yang diciptakan Tuhan, namun juga dapat berupa aktivitas manusia yang membudaya. Tradisi-tradisi yang terus dijaga perlu disaksikan, lebih jauh perlu ditelisik lebih mendalam. Salah satu tradisi yang masih terus dijaga eksistensinya adalah upacara adat. Upacara adat menjadi upaya manusia untuk menyatu dengan alam sebagai anugrah Sang Pencipta. 


Ceprotan adalah upacara adat di Kabupaten Pacitan yang menjadi salah satu primadona. Upacara yang berlatar puji syukur atas kemakmuran desa Sekar, kecamatan Donorojo terus dilestarikan. Upacara lain yang tak kalah tenar adalah Jangkrik Genggong di kecamatan Ngadirojo. Berlokasi di pesisir samudra, aroma mistis nampak dari upacara ini. Bahkan, beberapa karya seni juga berpijak dari upacara yang digelar sekali dalam setahun ini. Beberapa upacara lain adalah Baritan, Mantu Kucing, Badut Sinampurno, Methik Pari dan Jemblung Somopuro.


Tak hanya itu, Pacitan juga masih menyimpan aset wisata lain. Sebut saja Wayang Beber yang menjadi khas dan sempat diabadikan dalam sebuah buku. Selain itu, beberapa cerita rakyat masih berhubungan dengan terciptanya kesenian di wilayah setempat. Edisi mendatang, kami akan coba ketengahkan wisata-wisata budaya lain di Kabupaten Pacitan. Enjoy Pacitan!! [PK]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar