Jumat, 05 Agustus 2016

LEGENDA WATU LUMPANG

Nun di ujung timur Kabupaten Pacitan tersebutlah sebuah kisah yang sudah melegenda, tepatnya di dusun Bawur, Desa Sukorejo, Kecamatan Sudimoro. Desa Sukorejo merupakan daerah yang subur makmur. Pertanian merupakan sektor utama yang menghidupi warganya.



Alkisah di pinggir pantai Kondhang ada sebuah batu Gumuk yang menyerupai lumpang dan sepotong batu panjang yang menyerupai alu. Lumpang dan alu tersebut ternyata tempat bersemayamnya Jin Dawil Kasut.

Konon cerita Jin Dawil Kasut ini mempunyai kebiasaan yang buruk, dia suka sekali memangsa bayi. Bila dia menghendaki mangsa maka dia memukul batu tersebut sehingga terdengar sampai pelosok daerah di Bawur, dan selanjutnya ada kejadian aneh bayi meninggal mendadak dan di Batu Lumpang itu mengalir darah segar.

Karena kejadian yang berulang ulang maka perangkat desa ada kesepakatan untuk mendatangkan Kyai Baweh dari Ponorogo yang dikenal bisa menaklukkan jin. Dan setelah kedatangan Kyai Baweh dengan segala daya dan upayanya Batu Lumpang dapat di balik sehingga tengkurap dan alunya terpotong jadi dua.

Semenjak bisa terbaliknya Batu Lumpang daerah Bawur Sukorejo menjadi aman dan tenteram sampai sekarang.


Foto: Doc-info Pacitan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar