Jumat, 28 Agustus 2015

Upacara Adat Badut Sinampurno

Upacara Adat Badut Sinampurna (Foto: Ki Setyo)

Upacara adat Badut Sinampurna adalah tradisi yang berkembang di desa Ploso, kecamatan Tegalombo, kabupaten Pacitan.Upacara adat ini dilakukan sebagai upaya untuk tolak bala dan ruwatan atas gangguan dari makhluk halus yang ada di sekitar. Pada hakikatnya, acara Badut Sinampurno adalah ungkapan doa bersama untuk menjalani kehidupan yang sempurna.

Badut Sinampurno dilakukan warga Ploso pada saat-saat tertentu, misalnya saat menginjak dewasa atau akan melangsungkapn upacara pernikahan. Sebagai sebuah bersih desa, upacara ini juga menggunakan sesaji. Sesaji merupakan manifestasi nyata dari kesungguhan atas doa yang dipanjatkan. Sesaji yang disiapkan dalam acara Badut Sinampurno adalah sego tumpeng, sego golong dan ingkungi. Sesaji ini  akan diberikan doa atasnya, lalu dibagikan kepada warga untuk dinikmati secara bersama-sama.

Badut Sinampurno adalah upacara adat yang secara nyata tidak hanya memberikan berkah kepada sang punya hajat, namun juga kepada masyarakat luas. Dalam upacara adat ini, banyak pula manfaat yang dapat diambil, sebut saja semangat kebersamaan dalam menyukseskan acara yang ada. Kebersamaan inilah yang ditunjukkan penjagaan atas tradisi yang telah dilaksanakan oleh para leluhur. [PK]


Tidak ada komentar:

Posting Komentar